Sistem Pendukung Tujuan
Pelaksana Sistem Informasi (EIS)
EIS
- Terdiri banyak
ciri-ciri dari MIS dan DSS
- Menyediakan pelaksana
atas dengan segera dan akses mudah untuk informasi
- Mengenai unsur
bahwa kritik untuk menyelesaikan strategi tujuan organisasi (Unsur kritik
sukses)
- Terkenal,
memperluas untuk banyak manajer, analis dan pekerja pengetahuan lainnya
Keistimewaan dari EIS
- Informasi sekarang
di penyesuain form untuk pilihan dari pelaksana yang menggunakan sistem
1. Mengubah dengan perantara yang
berhubungan
2. Laporan pengecualian
3. Analisis Trend
4. Latihan kemampuan turun
Penghubung awal Keberanian berusaha
(EIP)
EIP
- Website yang
diikuti interface (penghubung)
- Menyatupadukan
dari MIS,DSS,EIS dan teknologi lainnya
- Memberikan semua
pengguna intranet dan akses pengguna extranet pilihan
- Untuk variasi dari
internal dan aplikasi eksternal perusahan dan layanan
Khusus
menyesuaikan untuk pengguna memberikan
personalisasi papan digital
Batasan komponen Keberanian
berusaha informasi
Sistem Pengetahuan Manajemen
- Penggunaan
teknologi informasi untuk membantu mengumpulkan, mengatur, dan berbagi
pengetahuan perusahaan sampai organisasi
- Batasan
pengetahuan keinginan berusaha
EIPs merupakan catatan untuk
menggabungkan intranet dimana pelayanan sebagai sistem manajemen pengetahuan
Batasan Pengetahuan Keinginan
Berusaha
Kecerdasan Buatan
Sebuah bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan
disiplin ilmu seperti ilmu komputer, biologi, psikologi, linguistik,
matematika, dan teknik
Tujuannya adalah untuk mengembangkan komputer yang dapat mensimulasikan kemampuan berpikir, serta melihat, mendengar, berjalan, berbicara, dan merasakan
Tujuannya adalah untuk mengembangkan komputer yang dapat mensimulasikan kemampuan berpikir, serta melihat, mendengar, berjalan, berbicara, dan merasakan
Atribut
Perilaku Cerdas
1. Berpikir dan bernala
2. Gunakan alasan untuk memecahkan masalah
3. Belajar atau mengerti dari pengalaman
4. Memperoleh dan menerapkan pengetahuan
5. Kreativitas dan imajinasi pameran
6. Menghadapi situasi yang kompleks atau membingungkan
7. Merespon dengan cepat dan berhasil dengan situasi baru
8. Mengenali pentingnya relatif unsur-unsur dalam situasi
9. Menangani ambigu, informasi yang tidak lengkap, atau
salah
Domain Kecerdasan Buatan
Sains
Kognitif
Berbasis di biologi,
neurologi, psikologi, dll
Berfokus pada penelitian bagaimana otak manusia bekerja dan bagaimana manusia berpikir dan belajar
Berfokus pada penelitian bagaimana otak manusia bekerja dan bagaimana manusia berpikir dan belajar
robotika
Berbasis di AI, teknik dan fisiologi
Mesin robot dengan kecerdasan komputer dan terkendali, kemampuan mirip manusia fisik komputer
Berbasis di AI, teknik dan fisiologi
Mesin robot dengan kecerdasan komputer dan terkendali, kemampuan mirip manusia fisik komputer
Antarmuka alam
Berbasis di linguistik, psikologi, ilmu komputer, dll
Termasuk bahasa alami dan pengenalan suara
Pengembangan perangkat multiindrawi yang menggunakan berbagai gerakan tubuh untuk mengoperasikan komputer
Realita Virtual
Berbasis di linguistik, psikologi, ilmu komputer, dll
Termasuk bahasa alami dan pengenalan suara
Pengembangan perangkat multiindrawi yang menggunakan berbagai gerakan tubuh untuk mengoperasikan komputer
Realita Virtual
Menggunakan antarmuka manusia-komputer
multiindrawi yang memungkinkan pengguna manusia untuk mengalami objek simulasi komputer, ruang dan "dunia" seolah-olah mereka benar-benar ada
Sistem Pakar
ES
Sebuah sistem informasi berbasis pengetahuan (KBIS) yang menggunakan pengetahuan tentang, aplikasi yang kompleks khusus untuk bertindak sebagai konsultan ahli untuk pengguna akhir
KBIS adalah sistem yang menambahkan basis pengetahuan ke komponen lain pada IS
ES
Sebuah sistem informasi berbasis pengetahuan (KBIS) yang menggunakan pengetahuan tentang, aplikasi yang kompleks khusus untuk bertindak sebagai konsultan ahli untuk pengguna akhir
KBIS adalah sistem yang menambahkan basis pengetahuan ke komponen lain pada IS
Sistem Pakar Komponen
Basis pengetahuan
Fakta-fakta tentang bidang subjek tertentu
Heuristik yang mengungkapkan prosedur penalaran seorang ahli (aturan praktis)
Sumber Daya Perangkat Lunak
Mesin inferensi proses pengetahuan dan membuat kesimpulan untuk membuat merekomendasikan tindakan
Program antarmuka pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna akhir
Penjelasan program untuk menjelaskan proses penalaran ke pengguna akhir
Basis pengetahuan
Fakta-fakta tentang bidang subjek tertentu
Heuristik yang mengungkapkan prosedur penalaran seorang ahli (aturan praktis)
Sumber Daya Perangkat Lunak
Mesin inferensi proses pengetahuan dan membuat kesimpulan untuk membuat merekomendasikan tindakan
Program antarmuka pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna akhir
Penjelasan program untuk menjelaskan proses penalaran ke pengguna akhir
Metode Representasi
Pengetahuan
Kasus Berbasis - pengetahuan terorganisir dalam bentuk kasus
Kasus: contoh kinerja masa lalu, kejadian dan pengalaman
Frame-Based - pengetahuan diatur dalam hierarki atau jaringan frame
Bingkai: entitas yang terdiri dari paket kompleks nilai data
Kasus Berbasis - pengetahuan terorganisir dalam bentuk kasus
Kasus: contoh kinerja masa lalu, kejadian dan pengalaman
Frame-Based - pengetahuan diatur dalam hierarki atau jaringan frame
Bingkai: entitas yang terdiri dari paket kompleks nilai data
Obyek Berbasis - pengetahuan
terorganisir dalam jaringan benda
Obyek: elemen data dan metode atau proses yang bekerja pada data tersebut
Rule-Based - pengetahuan direpresentasikan dalam aturan dan pernyataan fakta
Aturan: pernyataan yang biasanya berbentuk premis dan kesimpulan
Seperti, Jika (kondisi) maka (kesimpulan)
Obyek: elemen data dan metode atau proses yang bekerja pada data tersebut
Rule-Based - pengetahuan direpresentasikan dalam aturan dan pernyataan fakta
Aturan: pernyataan yang biasanya berbentuk premis dan kesimpulan
Seperti, Jika (kondisi) maka (kesimpulan)
Manfaat Sistem Pakar
Lebih cepat dan lebih konsisten daripada ahli
Dapat memiliki pengetahuan dari beberapa ahli
Tidak lelah atau terganggu oleh terlalu banyak pekerjaan atau stres
Membantu melestarikan dan mereproduksi pengetahuan para ahli
Dapat memiliki pengetahuan dari beberapa ahli
Tidak lelah atau terganggu oleh terlalu banyak pekerjaan atau stres
Membantu melestarikan dan mereproduksi pengetahuan para ahli
Keterbatasan Sistem Pakar
fokus terbatas
Ketidakmampuan untuk belajar
masalah perawatan
biaya pembangunan
Hanya dapat memecahkan jenis tertentu masalah dalam domain yang terbatas pengetahuan
fokus terbatas
Ketidakmampuan untuk belajar
masalah perawatan
biaya pembangunan
Hanya dapat memecahkan jenis tertentu masalah dalam domain yang terbatas pengetahuan
Kriteria kesesuaian untuk Sistem Pakar
Domain: area subyek yang relatif kecil dan terbatas pada daerah yang terdefinisi dengan baik
Keahlian: solusi memerlukan upaya ahli
Kompleksitas: solusi dari masalah adalah tugas kompleks yang membutuhkan proses inferensi logis (tidak mungkin dalam pengolahan informasi konvensional)
Struktur: Proses solusi harus mampu mengatasi dengan sakit-terstruktur, tidak pasti, hilang dan data yang bertentangan
Ketersediaan: ahli ada yang mengartikulasikan dan koperasi
Domain: area subyek yang relatif kecil dan terbatas pada daerah yang terdefinisi dengan baik
Keahlian: solusi memerlukan upaya ahli
Kompleksitas: solusi dari masalah adalah tugas kompleks yang membutuhkan proses inferensi logis (tidak mungkin dalam pengolahan informasi konvensional)
Struktur: Proses solusi harus mampu mengatasi dengan sakit-terstruktur, tidak pasti, hilang dan data yang bertentangan
Ketersediaan: ahli ada yang mengartikulasikan dan koperasi
Pengembangan Alat
Sistem Pakar Shell
Paket perangkat lunak yang terdiri dari sistem pakar tanpa basis pengetahuan
Memiliki mesin inferensi dan program antarmuka pengguna
Sistem Pakar Shell
Paket perangkat lunak yang terdiri dari sistem pakar tanpa basis pengetahuan
Memiliki mesin inferensi dan program antarmuka pengguna
pengetahuan Orang Teknik
Seorang profesional yang bekerja dengan para ahli untuk menangkap pengetahuan yang mereka miliki
Membangun basis pengetahuan menggunakan iteratif, proses prototyping
Seorang profesional yang bekerja dengan para ahli untuk menangkap pengetahuan yang mereka miliki
Membangun basis pengetahuan menggunakan iteratif, proses prototyping
Jaringan
neural
Sistem komputasi model setelah mesh seperti jaringan otak elemen pemrosesan saling berhubungan, yang disebut neuron
Rehabilitasi prosesor beroperasi secara paralel dan saling berinteraksi
Memungkinkan jaringan untuk belajar dari data yang berproses
Sistem komputasi model setelah mesh seperti jaringan otak elemen pemrosesan saling berhubungan, yang disebut neuron
Rehabilitasi prosesor beroperasi secara paralel dan saling berinteraksi
Memungkinkan jaringan untuk belajar dari data yang berproses
Logika
Tidak Jelas
Metode penalaran
yang menyerupai penalaran manusia
Memungkinkan untuk nilai perkiraan dan kesimpulan dan data yang tidak lengkap atau ambigu bukan mengandalkan hanya pada data renyah
Menggunakan istilah-istilah seperti "sangat tinggi" daripada langkah-langkah yang tepat
Memungkinkan untuk nilai perkiraan dan kesimpulan dan data yang tidak lengkap atau ambigu bukan mengandalkan hanya pada data renyah
Menggunakan istilah-istilah seperti "sangat tinggi" daripada langkah-langkah yang tepat
Algoritma genetik
Software yang menggunakan Darwin , mengacak, dan fungsi-fungsi matematika
Untuk mensimulasikan proses evolusi yang dapat menghasilkan solusi semakin lebih baik untuk masalah
Software yang menggunakan Darwin , mengacak, dan fungsi-fungsi matematika
Untuk mensimulasikan proses evolusi yang dapat menghasilkan solusi semakin lebih baik untuk masalah
Realita
Virtual (VR)
Realitas simulasi komputer
Bergantung pada perangkat input / output yang banyak berhubungan pancaindera seperti
1. pelacakan headset dengan kacamata video dan earphone stereo,
2. sarung tangan data atau jumpsuit dengan sensor serat optik yang melacak gerakan tubuh Anda, dan
3. walker yang memantau pergerakan kaki Anda
Realitas simulasi komputer
Bergantung pada perangkat input / output yang banyak berhubungan pancaindera seperti
1. pelacakan headset dengan kacamata video dan earphone stereo,
2. sarung tangan data atau jumpsuit dengan sensor serat optik yang melacak gerakan tubuh Anda, dan
3. walker yang memantau pergerakan kaki Anda
Agen cerdas
Sebuah pengganti perangkat lunak untuk pengguna akhir atau proses yang memenuhi kebutuhan atau kegiatan dinyatakan
Menggunakan dan belajar basis pengetahuan pembuatnya
Untuk membuat keputusan dan menyelesaikan tugas-tugas dengan cara yang memenuhi niat pengguna
Juga disebut robot perangkat lunak atau bot
Sebuah pengganti perangkat lunak untuk pengguna akhir atau proses yang memenuhi kebutuhan atau kegiatan dinyatakan
Menggunakan dan belajar basis pengetahuan pembuatnya
Untuk membuat keputusan dan menyelesaikan tugas-tugas dengan cara yang memenuhi niat pengguna
Juga disebut robot perangkat lunak atau bot
Agen Pengguna Antar
Muka
Antarmuka Tutor - mengamati operasi komputer pengguna, kesalahan pengguna yang benar, dan memberikan petunjuk dan saran tentang penggunaan perangkat lunak yang efisien
Presentasi - menampilkan informasi dalam berbagai bentuk dan media berdasarkan preferensi pengguna
Jaringan Navigasi - menemukan jalan untuk informasi dan menyediakan cara untuk melihat informasi berdasarkan preferensi pengguna
Peran-dan peran lainnya untuk membantu pengguna memahami informasi dan membuat keputusan yang lebih baik
Antarmuka Tutor - mengamati operasi komputer pengguna, kesalahan pengguna yang benar, dan memberikan petunjuk dan saran tentang penggunaan perangkat lunak yang efisien
Presentasi - menampilkan informasi dalam berbagai bentuk dan media berdasarkan preferensi pengguna
Jaringan Navigasi - menemukan jalan untuk informasi dan menyediakan cara untuk melihat informasi berdasarkan preferensi pengguna
Peran-dan peran lainnya untuk membantu pengguna memahami informasi dan membuat keputusan yang lebih baik
Agen Manajemen
Informasi
Pencari Agen - membantu pengguna menemukan file dan database, mencari informasi yang diinginkan, dan menyarankan dan menemukan jenis baru produk informasi, media, dan sumber daya
Makelar Informasi - menyediakan layanan komersial untuk menemukan dan mengembangkan sumber-sumber informasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis atau pribadi pengguna
Saringan Informasi - menerima, mencari, menyaring, membuang, menyimpan, mengembangkan, dan memberitahu pengguna tentang produk diterima atau diinginkan
Pencari Agen - membantu pengguna menemukan file dan database, mencari informasi yang diinginkan, dan menyarankan dan menemukan jenis baru produk informasi, media, dan sumber daya
Makelar Informasi - menyediakan layanan komersial untuk menemukan dan mengembangkan sumber-sumber informasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis atau pribadi pengguna
Saringan Informasi - menerima, mencari, menyaring, membuang, menyimpan, mengembangkan, dan memberitahu pengguna tentang produk diterima atau diinginkan
0 komentar:
Posting Komentar